Cara Membuat File ZIP di Hp
in

5 Cara Membuat File Zip di HP, Mudah dan Praktis

Archive file terkadang sangat penting dalam pengelolaan berkas digital. Apalagi jika berkas digunakan dalam industri bisnis yang menuntut kecepatan pengiriman bebagai informasi dalam sekali waktu. Maka, tak heran jika cara membuat file ZIP di Hp begitu dicari dalam dunia bisnis. Nah, berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu membuat Archive file di Android:

1. RAR

Aplikasi besutan Rarlab ini mempunyai tampilan yang sederhana, ringan, dan mudah dipelajari. Aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai pembaca dan pengekstrak Archive file. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini bisa menjadi alternatif file manager. RAR juga didukung fitur protection dengan password, sehingga file akan semakin terasa aman.

Cara membuat file ZIP di Hp dengan aplikasi ini terbilang mudah. Pertama, pilih folder yang akan di compress dengan cara mencentangnya. Pada bagian atas, pilih ikon add to archive yang ada tanda +. Pada jendela baru, pilihlah directory untuk penyimpanan. Ada beberapa ekstensi yang bisa dipilih, seperti RAR, ZIP, dan RAR 4.x.

2. ZArchiver

Aplikasi ini punya tampilan yang modern dan elegan. ZDevs sepertinya sudah menargetkan kaum milenial sebagai target pasarnya. Sama seperti aplikasi RAR, aplikasi ini juga bisa menjadi alternatif file manager. Ada beberapa fitur unggulan yang menjadi perhatian publik, seperti fitur kompresi dengan proteksi password dan kompresi ultra agar ukuran lebih kecil.

Cara menggunakan aplikasi ini juga mudah. Pertama, tentukan folder yang akan dikompresi. Tekan dan tahan folder agak lama. Ada fitur shortcut untuk compressing ke ZIP atau 7Z. Jika pengguna ingin pengaturan manual, pilihlah fitur kompres. Pada jendela baru, pengguna bisa mengatur nama file, level kompresi, enkripsi, password, dan format arsip.

3. Easy Unrar, Unzip & Zip

Prinsip kerjanya tidak berbeda jauh dengan aplikasi sebelumnya. Easy Unrar, Unzip & Zip punya tampilan yang lebih sederhana. Sepertinya Rbigsoft ingin membuat aplikasi ini lebih cepat akrab digunakan bagi pengguna. Aplikasi ini cocok untuk pengguna yang tidak terlalu expert dalam teknologi karena fiturnya yang mudah di mengerti dan di pelajari.

Untuk menggunaannya, siapkan folder yang akan di compress. Klik fitur compress pada bagian atas. Beri tanda centang di kotak sebelah kiri file yang akan dikompresi. Tekan centang hijau di bagian atas. Pada jendela baru, pengguna dapat mengubah nama file atau memasang password pada file dengan cara menekan tombol mati menjadi aktif.

4. B1 Archiver Zip Rar Unzip

Aplikasi B1 Archiver Zip Rar Unzip menjadi pilihan berikutnya. Tampilannya simple dan praktis sehingga mudah untuk dipelajari. Bisa digunakan sebagai alternatif file manager. Aplikasi ini juga memiliki fitur protection, sama seperti aplikasi sebelumnya.

Cara penggunaan aplikasi ini terbilang simple. Siapkanlah folder yang akan di kompresi. Tekan dan tahan folder sedikit agak lama. Ada 2 fitur yang bisa digunakan, yaitu compress untuk compressing singel folder dan multi select untuk compressing multi folder. Pada compressing singel folder, pengguna bisa memilih format kompresi antara B1 dan ZIP.

5. WinZip – Zip Unzip Tool

Aplikasi ini memiliki tampilan yang lebih pro. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga bisa menjadi pengganti file manager. Meskipun WinZip tidak mendukung berbagai format archive file, tetapi aplikasi ini mendukung berbagai cloud penyimpanan seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan Server. Winzip juga bisa diakses melalui PC atau komputer.

Ada dua metode dalam kompresi file, yaitu melalui multi select atau singel select. Jika singel select, tekanlah ikon options di sebelah kanan folder dan pilih fitur Zip. Jika multi select, tekan dan tahan salah satu folder hingga fitur multi select muncul. Tekan ikon kompresi di bagian atas. Pilih lokasi penyimpanan. Tekan tombol zip here.

Demikian adalah beberapa rekomendasi cara membuat file ZIP di Hp. Dengan aplikasi tersebut, pegiat bisnis akan lebih mudah me-manage kegiatan usahanya. Semoga dengan rekomendasi ini, dapat menjadi solusi bagi para pencari pegiat bisnis dalam mengembangkan usahanya.  

Leave a Reply