aplikasi pembuat game di hp
in

5 Aplikasi Pembuat Game di HP yang Mudah Digunakan

Ingin mencoba membuat game? Sekarang ini, membuat game juga bisa dengan mudah dilakukan melalui HP. Pengguna bisa membuat game kapan saja, dimana saja, dengan memanfaatkan aplikasi pembuat game di HP. Jadi, tidak harus memiliki perangkat Laptop atau PC terlebih dahulu untuk bisa menjadi game maker. Berikut beberapa rekomendasi app game maker:

1. Construct 2

Untuk yang belum terbiasa menggunakan coding, aplikasi pembuat game di HP yang satu ini cocok untuk digunakan. Melalui aplikasi ini pengguna bisa membuat game 2D seperti puzzle, shooter, atau platformer dengan mudah. Cukup men-drag kemudian drop variabel permainan yang dibangun dalam aplikasi.

Construct 2 menawarkan GUI yang cukup baik serta mudah dipahami penggunanya. Game yang dihasilkan melalui Construct 2 bisa dipublikasikan secara komersial. Baik dalam versi HTML5, windows store, chrome web store, hingga facebook.

Pengguna bisa menggunakan Construct 2 secara gratis untuk membuat game. Namun, jika game yang dibuat ditujukan untuk dijual, pengguna perlu membayar lisensi berdasarkan keuntungan yang diperoleh.

2. Unity

Unity sudah tidak asing lagi dikalangan game maker. Banyak game-game populer seperti Crossy Road atau Monument Valley: Forgotten Shores yang dibuat menggunakan aplikasi ini. Unity mendukung Bahasa pemrograman C# dan Javascript. Aplikasi ini juga mendukung pembuatan game berbasis 2D dan 3D.

Ketika menggunakan aplikasi ini pertama kali, pengguna akan menemukan MonoDevelop. Sebuah text editor bawaan yang bisa diubah dan digunakan sebagai dasar untuk membangun aplikasi lain. Game yang dibuat melalui Unity dapat di-build kedalam berbagai platform. Baik platform Android, iOS, Windows Phone, Web, PC, Play Station, hingga Xbox.

3. Game Maker

Dalam Game Maker, pengguna dapat membuat game dengan melakukan drag dan drop variabel. Sama seperti yang dilakukan untuk membuat game pada Construct 2. Bedanya, dalam Game Maker pengguna juga melakukan editing pada script game yang dibuat.

Bahasa pemograman yang digunakan merupakan Bahasa pemograman GML. GameMaker Language ini lebih sederhana dan lebih mudah dipahami. Sehingga cocok untuk programmer pemula yang baru belajar bahasa pemrograman.

Game yang dihasilkan melalui Game Maker bisa diekspor ke dalam berbagai platform. Baik untuk PC, Android, iOS, Web, atau konsol seperti Play Station dan Xbox. Contoh game indie yang dibuat menggunakan Game Maker misalnya: HyperLight Drifter dan Crashland.

4. Stencyl

Ditahun 2000an, Stencyl dikenal sebagai pembuat game berbasis flash yang banyak digunakan game maker. Kini, Stencil telah dikembangkan hingga mendukung berbagai platform. Baik untuk PC, serta ponsel Android maupun iOS.

Fitur yang disediakan aplikasi ini sangat banyak. Jadi, pengguna pemula sekalipun bisa membuat game sesuai keinginannya sangat dengan mudah. Tidak perlu jago pemrograman untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Alur logika yang disediakan game cukup mudah dipahami dan diaplikasikan.

5. Corona SDK

Tenang saja, Corona SDK bukan virus yang belakangan ini membuat pusing penghuni bumi. Corona SDK merupakan aplikasi pembuat game di HP yang telah dibangun sejak tahun 2008. Aplikasi ini khusus digunakan untuk membuat game berbasis 2D.

Bahasa pemrograman yang digunakan pada Corona SDK adalah Bahasa Lua. Berbeda dengan bahasa pemrograman yang digunakan aplikasi game maker lainnya. Namun, aplikasi ini tetap mendukung multiplatform, baik PC ataupun Smartphone.

Demikian kelima aplikasi pembuat game di HP yang memungkinkan penggunanya menjadi game maker dengan mudah. Selain kelima aplikasi diatas, pengguna juga bisa mencoba aplikasi GameSalad, RPG Maker, atau Godot Game Engine yang juga mudah digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.