aplikasi merekam layar laptop windows 10
in ,

5 Aplikasi Merekam Layar Laptop Windows 10 Terbaik di Tahun 2021

Saat ini merekam layar komputer untuk kegiatan streaming, presentasi, atau aktivitas lainnya sangat umum dilakukan. Ada begitu banyak aplikasi perekam layar di internet termasuk untuk laptop dengan sistem windows 10. Hanya saja, tidak mudah bagi pengguna untuk menemukan yang terbaik. Berangkat dari hal tersebut, kali ini penulis akan merekomendasikan 5 aplikasi merekam layar laptop Windows 10 terbaik 2021:

1. Windows Game Bar

Windows Game Bar atau juga dikenal sebagai Xbox Game Bar adalah perekam layar bawaan Windows 10 yang dapat digunakan secara gratis. Ini adalah aplikasi dengan kontrol yang dapat dengan mudah disesuaikan, dan memiliki desain overlay game yang sangat ramah pengguna. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menangkap serta berbagi rekaman layar dengan sangat mudah.

Software ini berfungsi sempurna dengan sebagian besar laptop yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai widget dengan sekali klik. Untuk menjalankan Windows Game Bar, pengguna cukup memencet shortcut Win+G. Setelah itu, Game Bar akan langsung muncul dan pengguna bisa langsung merekam dengan mengklik icon camcorder yang ada di bilah atas.

2. CamStudio

CamStudio adalah aplikasi gratis yang bisa digunakan sebagai perekam layar. Program CamStudio memiliki beberapa alat pengeditan untuk memadatkan video sehingga lebih menarik. Perangkat lunak ini menghasilkan video perekaman layar pada format file media AVI. Dengan alat editing bawaan, CamStudio bisa menghemat waktu pengeditan hasil rekaman layar.

Selain merekam, ini juga memiliki fitur untuk menangkap layar dan juga kompresi video. Mirip dengan perangkat lunak perekaman layar lain, CamStudio juga dilengkapi dengan perekaman webcam bersama dengan mikrofon untuk sistem pengambilan audio. Hal terbaiknya adalah pengguna dapat menambahkan teks dan anotasi saat mengedit video dengan mudah, berkat antarmuka yang sederhana.

3. OBS

OBS merupakan alat perekaman layar yang paling sering digunakan oleh para streamer profesional. Menawarkan serangkaian fitur yang lebih unggul dibandingkan dengan alat perekam layar lainnya. Fitur-fiturnya terdiri dari overlay, mixer audio, transisi khusus, dll. Sayangnya, ini bisa berlebihan bagi seseorang yang tidak memerlukan fitur perekaman video yang ekstensif.

Untuk semua keunggulan yang ditawarkan nya, OBS Studio tidak akan menguras kantong karena software ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis alias open source. Bagi para pengguna awam, mungkin agak sedikit sulit memahami interface dari OBS. Namun, pengguna bisa menonton tutorial yang sudah banyak tersedia di YouTube.

4. TinyTake

Daftar ini tidak akan lengkap tanpa TinyTake, perekam video layar teratas untuk laptop Windows 10. TinyTake terhubung ke galeri berbasis cloud yang memungkinkan pengguna menyimpan hasil rekaman layar dengan aman. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak pengeditan pada gambar dan video yang direkam.

Pengguna dapat menandai bagian layar tertentu, menambahkan kotak teks, menempatkan sorotan, panah, juga mengaburkan bagian layar yang berisi informasi sensitif. Sayangnya, TinyTake hanya mendukung durasi perekaman maksimal selama 2 jam.

5. ShareX

Aplikasi merekam layar laptop Windows 10 terbaik 2021 yang selanjutnya adalah ShareX. Pengguna dapat menggunakannya untuk merekam layar, membuat video, dan bahkan membuat GIF untuk media sosial. Hal yang terpenting, software ini gratis dan tidak ada batasan waktu untuk merekam video.

Kabar buruk untuk para gamers, ShareX tidak mendukung pengambilan layar sebagian besar game dalam mode layar penuh. Hal ini mungkin menjadi salah satu kelemahan besar dari ShareX dibandingkan perekam layar lain.

Itulah 5 aplikasi merekam layar laptop Windows 10 terbaik 2021 yang bisa penulis rekomendasikan kali ini. Setiap software perekaman layar mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk itu, pengguna tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.