alat penangkap sinyal wifi untuk hp
in

5 Alat Penangkap Sinyal Wifi untuk HP

Sinyal wifi pada HP memang seringkali tidak stabil. Itu menandakan bahwa sinyal pada wifi memiliki kondisi lemah. Sepertinya ini sudah saatnya menggunakan bantuan alat penangkap sinyal wifi untuk hp. Harganya memang lumayan, tetapi sebanding karena internetan akan menjadi lebih stabil.

Kondisi sinyal wifi lemah memang menimbulkan beberapa kerugian. Diantaranya bahkan hingga ke kondisi medis seperti badan pegal-pegal, kepala pusing, akibat menunggu loading terlalu lama. Berikut adalah rekomendasi beberapa alat yang dapat menjadi penguat sinyal wifi agar internet hp menjadi lancar:

1. Amplifier Repeater

Semakin jauh jangkauan wifi, semakin lemah juga sinyal wifi itu. Amplifier Repeater ini berguna untuk memperpanjang sinyal wifi dengan cara menerima dan mengulangi sinyal wifi dari router dan melepaskannya kembali. Dengan alat ini, jangkauan sinyal menjadi lebih jauh dan lebih kuat.

Amplifier Repeater dapat dijumpai di sejumlah situs belanja online seperti bukalapak, tokopedia, hingga Shopee. Adapun amplifier repeater yang paling direkomendasikan adalah Xiaomi Mi Amplifier 2. Merek ini memiliki bentuk yang minimalis dengan kinerja yang baik, sehingga sangat efisien untuk digunakan.

2. Wifi Extender

Wifi Extender memiliki pengertian sebagai perpanjangan tangan wifi. Sebenarnya konsepnya sama dengan Amplifier Repeater yaitu untuk memperjauh jangkauan wifi. Bedanya Wifi Extender tidak hanya mengulangi sinyal wifi, tetapi juga memperkuatnya sebelum sinyal dilepaskan kembali.

Wifi Extender juga dapat ditemukan di sejumlah online store di Indonesia. Yang paling direkomendasikan sebagai Wifi Extender adalah TPLink 300Mbps Universal Wireless N Range Extender. Perangkat ini sangat cocok untuk penggunaan video streaming atau bermain game karena kecepatannya yang mencapai 300Mbps.

3. USB Wireless Adapter

Perangkat ini bisa menjadi alat penangkap sinyal wifi untuk hp yang cukup bagus. Berbeda dengan dua perangkat diatas, USB Wireless Adapter dikhususkan untuk menangkap sinyal sehingga tidak dapat menyalurkan sinyal kembali. Karena berbentuk USB, maka perangkat HP membutuhkan kabel OTG.

USB Wireless Adapter yang paling direkomendasikan adalah TPLink TL WN8200ND. TPLink TL WN8200ND memiliki dua antena penangkap sinyal, sehingga sinyal yang didapat akan lebih kuat. Perangkat ini juga mendukung transmisi rata-rata hingga 300Mbps. Harga perangkat ini ada di kisaran 250 ribu rupiah.

4. Media Router

Perangkat ini tidak berbeda jauh dengan 3 alat penangkap sinyal wifi untuk hp sebelumnya. Fungsinya pun sama yaitu menangkap sinyal wifi, memperkuatnya, dan menyalurkannya kembali. Perangkat terbaik untuk Media Router yang sangat direkomendasikan adalah Huawei Media Router 3in1 WS322.

Huawei Media Router 3in1 WS322 memiliki kemampuan menunjang kecepatan internet bahkan hingga 300Mbps dengan frekuensi 2GHz. Ini karena perangkat ini didukung dengan 2 antena didalamnya. Perangkat ini berukuran kecil dan hanya perlu ditancapkan di stopkontak untuk penggunaannya. Mengaktifkannya pun hanya dengan tombol on/off.

5. Wifi Extender Sekaligus Wifi Repeater

Seperti namanya, perangkat ini menggabungkan prinsip kerja pada Wifi Extender dan juga Wifi Repeater. Dengan penggabungan ini tentu saja jangkauan dari sinyal wifi jadi lebih jauh dan lebih baik. Perangkat ini sangat cocok digunakan di rumah yang memiliki 2 lantai.

Merek terbaik sebagai rekomendasi dari perangkat ini adalah Compfast Wifi Signal Extender 300M Wireless Wifi Repeater. Kekuatan transmisi dari perangkat ini adalah 10 dbi dengan kemampuan kecepatan hingga 300Mbps. Penggunaan perangkat ini pun hanya perlu ditancapkan pada stopkontak.

Ada banyak alat penangkap sinyal wifi untuk hp yang dapat dipakai untuk membantu konektifitas jaringan. Dari rekomendasi diatas, tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Tentukan dengan bijak perangkat yang diinginkan, dan juga sesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Leave a Reply