gambar utama artikel cara mengatasi handphone cepat panas
Photo by Patrik Michalicka on Unsplash
in ,

11 Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas — Ketika menggunakan handphone, tak jarang handphone kita cepat panas. Beberapa merk smartphone memang dinilai cepat panas. Namun hal ini bisa terjadi kepada siapapun jika terlalu sering menggunakannya. Bukan itu saja, masih banyak alasan lain kenapa handphone cepat panas.Kali ini, litetekno.com akan membahasnya.

Kenapa Handphone Cepat Panas?

Suhu ponsel dapat berubah sesuai dengan suhu lingkungan. Jika ponsel mu terlalu panas, akan terjadi beberapa masalah seperti force close, baterai cepat habis, hingga baterai meleleh. Ada kemungkinan ponsel tidak akan bisa dijalankan jika suhunya terlalu panas.

Suhu ponsel akan cepat panas jika terpapar langsung oleh sinar matahari. Selain itu, masih banyak alasan kenapa ponselmu cepat panas, selain karena masalah suhu di lingkungan sekitar. Alasan kenapa handphone cepat panas:

1. Handphone Digunakan Saat Sedang Dicharger

Sebagian besar orang pasti pernah melakukannya dengan berbagai alasan. Mulai dari tidak sabar menunggu baterai penuh, sedang mengerjakan tugas atau meeting, hingga bermain game. Apalagi jika kamu sedang push rank 25 menit dan baterai tersisa 3%, sudah pasti semua orang akan menggunakan handphonenya saat sedang dicharger.

Namun ada baiknya kamu tidak melakukan hal tersebut. Karena itu akan membuat handphonemu cepat panas, lag, mengurangi kinerja baterai, dan kemungkinan terburuknya dapat membuat handphonemu terbakar.

2. Aplikasi Latar Belakang Tidak Dimatikan

Aplikasi latar belakang yang terus menyala akan menghabiskan bateraimu lebih cepat. Dan akibatnya, handphone akan memanas. Saat ini, hampir semua smartphone sudah dibekali dengan aplikasi untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satunya untuk menutup aplikasi latar belakang. Kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut agar suhu handphonemu tidak cepat panas.

3. Handphone Digunakan Secara Terus Menerus

Ini hampir mirip dengan poin ke-2, hanya saja lebih parah. Sudah jelas bukan? Aplikasi latar belakang saja sudah dapat membuat baterai handphonemu bekerja lembur, apalagi jika kamu menggunakannya secara terus menerus.

Jika baterai cepat habis, maka suhu handphone pun akan meningkat. Oleh karena itu, beri jeda untuk handphone mu jika dirasa suhunya mulai memanas.

4. Terlalu Sering Dicharger

Baterai yang sudah usang akan membuat handphonemu cepat panas. Apa kamu sering terus mencharger handphone meskipun sudah 100%? Biasanya hal ini dilakukan sebelum tidur.

Memang handphone saat ini sudah canggih. Yang mana ketika baterai kita sudah mencapai 100%, maka proses charging akan berhenti. Namun lebih baik kita tidak melakukan kebiasaan itu.

#Tips charging handphone: Isi baterai sebelum mencapai 10%, lepaskan setelah mencapai 90%.

5. Aplikasi Yang Digunakan Terlalu Berat

Beberapa jenis aplikasi, khususnya game, tidak dapat dijalankan di semua perangkat. Ketika kamu memaksakan memasang game dengan spesifikasi tinggi di handphone spek rendah, itu akan menjadi masalah. Selain game yang dimainkan terasa lag patah-patah, suhu handphonemu juga akan meningkat.

Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas

cara mengatasi handphone cepat panas
Photo by NordWood Themes on Unsplash

1. Matikan Aplikasi Latar Belakang Yang Tidak Digunakan

Jika aplikasi latar belakang tidak dimatikan, handphonemu akan bekerja lebih keras. Hal tersebut membuat suhu handphone cepat panas. Cara untuk menghentikannya, cukup tap tombol recent atau app overview di android, kemudian tutup aplikasi yang tidak digunakan.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi bawaan yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja handphone.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung ke Handphonemu.

Cara termudah untuk menghindari handphone overheating adalah dengan menghindarinya dari paparan sinar matahari dan suhu panas lainnya.

3. Gunakan Mode Pesawat

Ketika mengaktifkan mode pesawat, handphonemu akan menonaktifkan fungsi jaringan dan fitur-fitur lain yang banyak menguras baterai. Alhasil, suhu ponselmu akan berkurang perlahan lahan. Ada baiknya kamu menggunakan mode pesawat jika handphone sedang tidak digunakan.

4. Jangan Meningkatkan Kecerahan Handphone Terlalu Tinggi.

Menaikan tingkat kecerahan akan membuat bateraimu bekerja lebih keras, yang mengakibatkan suhu handphone cepat panas. Disamping itu, layar handphone yang terlalu silau akan merusak matamu. Gunakan kecerahan tinggi hanya ketika kamu berada di lingkungan yang terang dan membuat layar handphonemu tidak terlihat.

5. Lepaskan Casing Handphone

Ketika suhu handphonemu sedang panas, casing akan menghambat suhu panas dari handphone keluar. Agar lebih maksimal, kamu dapat melepas casing agar suhu handphone cepat turun.

6. Kipasi atau Tiup Handphonemu

Mungkin terdengar konyol, namun hal ini benar-benar membantu menurunkan suhu handphone. Sama seperti komputer yang memiliki kipas pendingin untuk menurunkan suhu processor, ini juga bekerja pada handphone.

7. Hapus File atau Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika handphonemu terus mengalami overheat, kamu mungkin harus mencoba menghapus file atau aplikasi yang tidak diperlukan. Ketika penggunaan memori internalmu berkurang, maka kinerja ponsel akan meningkat.

8. Update Aplikasi

Beberapa aplikasi melakukan update untuk meningkatkan efisiensi penggunaan baterai. Sangat dianjurkan untuk melakukan update aplikasi secara berkala.

9. Jauhkan Handphone dari Barang Elektronik Lainnya

Ketika kamu mendekatkan handphone dengan barang elektronik yang menyala, hal itu akan membuat hanphonemu mengalami overheat. Selain itu, ada kemungkinan merusak perangkat elektronik tersebut jika terdapat radiasi. Hindari melakukannya.

10. Cabut Charger Ketika Ingin Menggunakan Handphone

Jangan menggunakan handphone ketika sedang dicharge. Karena baterai akan cepat rusak dan suhu ponsel meningkat. Kemungkinan terburuknya, baterai handphone bisa saja terbakar jika digunakan dalam keadaan charging.

11. Hindari Perubahan Suhu Yang Signifikan

Ketika handphonemu sedang panas, kamu mungkin pernah terpikir untuk menyimpannya di lemari es selama beberapa menit. Jika ya, lebih baik jangan dilakukan. Hal ini dapat berakibat fatal pada handphonemu. Seperti rusaknya komponen karena perubahan suhu mendadak.

Itulah 11 cara mengatasi handphone cepat panas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply